Senin, 25 Juli 2011

Membuat Bayi Tidur Nyenyak









Tidur memiliki manfaat yang sangat besar bagi bayi untuk proses pertumbuhannya. Melalui tidur, pertumbuhan fisik berupa pertambahan berat badan, tinggi, serta kesehatan bayi dapat dipacu. Oleh sebab itu bayi sangat membutuhkan tidur nyenyak.

Sekarang, untuk membuat bayi tidur nyenyak, berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan:

1. Bantulah bayi mungil anda untuk memahami bahwa siang hari merupakan saatnya makan dan malam hari merupakan saatnya tidur atau beristirahat. Cobalah untuk memberi makan bayi setiap tiga jam sekali pada siang hari.

2. Cobalah untuk menggendong bayi pada siang hari. Jarak kedekatan dan keakraban yang meningkat dapat membawa ketenangan. Bayi yang tenang pada siang hari cenderung pula untuk tenang pada malam hari.

3. Buat bayi anda kenyang sebelum tidur. Usahakan untuk menyusui bayi hingga kenyang sebelum tidur dan ketika bayi terbangun pada malam hari.

4. Pakaikan baju bayi yang cocok. Cobalah untuk menggunakan berbagai baju bayi untuk melihat baju mana yang dapat membantunya untuk tidur lebih tenang dan nenyak.

5. Bersihkan badan bayi terlebih dahulu. Tubuh yang lengket karena keringat dan kotor sehabis makan dan bermain mudah membuat kulit bayi gatal-gatal dan iritasi sehingga mengganggu tidurnya.

6. Aturlah suasana kamar yang memberikan rasa nyaman untuk tidur. Hal ini termasuk tata cahaya, ventilasi, tata warna, suhu, dan juga keadaan boksnya. Anda dapat menempatkan boks di dalam kamar tidur, di samping ranjang orang tua atau di kamar tersendiri.

7. Posisikan atau tidurkan bayi di tangan ibu. Kehangatan tangan ibu berkhasiat memberikan sentuhan tambahan yang dibutuhkan bayi untuk dapat membantunya tertidur sambil memberikan tepukan lembut di bagian punggung atau bokong bayi.

8. Cobalah agar bayi buang air sebelum tidur. Celana basah dan kotor dapat mengganggu kenyamanan tidur bayi. Karena itu, usahakan agar bayi buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) terlebih dahulu sebelum tidur.

9. Untuk membuat bayi dapat tidur teratur dan nenyak, anda dapat melakukan beberapa rutinitas yang bisa membantu proses tidur, misalnya bersenandung, mendongeng dengan suara yang lembut menenangkan, serta mendengarkan musik.

10. Jangan coba memaksa bayi untuk tidur. Membuat suasana lingkungan yang aman dan nyaman merupakan cara yang paling baik untuk membuat bayi lebih cepat tidur dan jangka waktu tidurnya lebih panjang dan nyenyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar